PROPOSAL SKRIPSI Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam


PROPOSAL SKRIPSI
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam
( study Naskah Nalar Pendidikan Islam, Karya  Saifullah )


Diajukan Oleh:


MURNIATI
NIM: A.2115056/4006


Program Studi:
Pendidikan Agama Islam (PAI)






INSTITUT AGAMA ISLAM ALMUSLIM
BIREUEN PROVINSI ACEH
TAHUN 1435 H / 2014 M





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Dikotomi pendidikan sampai hari ini masih menjadi bagian dari Diskursus bagi para pemerhati, tokoh dan masyarakat pendidikan. Pembagian ruang antara pendidikan berperspektif umum dengan pendidikan berbasis agama (Islam). Padahal dalam sebuah proses pendidikan diperlukan adanya integrasi antara pendidikan yang kemudian dikatakan umum dengan pendidikan yang berbasis agama. Dinamisasi pendidikan merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu dan kajian diseluruh komponen pendidikan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya transfer of knowledge dan transfer of value.
Integrasi pendidikan memegang peranan yang menentukan eksistensi dan perkembagan masyarakat tersebut. Karena pendidikan merupakan upaya mentransformasikan dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan jenisnya kepada generasi penerus. Demikian pula dengan peranan pendidikan Islam dikalangan umat Islam merupakan salah satu bentuk manifestasi dari cita-cita hidup Islam untuk melestarikan, mengalihkan dan menanamkan (menginternalisasikan) dan mentransformasikan nilai-nilai Islam tersebut kepada pribadi generasi penerusnya sehingga nilai-nilai kultural religius yang dicita-citakan dapat tetap berfungsi dan berkembang dalam masyarakat dari waktu ke waktu.
Apabila dilihat dari segi kehidupan kultural umat manusia, pendidikan Islam merupakan salah satu alat pembudayaan (enkulturasi) masyarakat manusia itu sendiri sebagai suatu alat pendidikan yang dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia (sebagai mahluk pribadi dan sosial) kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh kesejahteraan hidup didunia dan kebahagiaan hidupnya diakhirat. Maka dalam hal ini, kedayagunaan pendidikan sebagai alat pembudayaan sangat bergantung pada pemegang alat tersebut yaitu para pendidik. Dengan demikian maka para pendidik memegang posisi kunci yang banyak menentukan keberhasilan proses pendidikan sehingga mereka dituntut persyaratan tertentu baik teoritis maupun praktis dalam pelaksaan tugasnya.
Proses transformasi dan internalisasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan Islam sebagai suatu sistem nilai, menjadi pegangan hidup bagi setiap peserta didik.[1] Selanjutnya menjadi rujukan dan menjadi bagian kepribadian dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Tujuan ini tentunya tidak hanya dalam aspek kognitif saja bahkan yang lebih penting lagi adalah aspek afektif dan psikomotornya. Seluruh aspek yang terdapat dalam diri peserta didik harus dipenuhi oleh nilai-nilai Islam untuk mencapai tujuan utama penyelenggaraan pendidikan Islam, menjadi manusia yang sempurna.
Untuk mewujudkan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam, maka seyogyanya segala daya upaya dilakukan, melalui penggunaan sumber belajar yang memadai dan sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Sumber belajar yang dapat digunakan adalah sumber bacaan, meliputi buku, majalah, novel, koran, manuskrip dan sebagainya. Salah satu sumber bacaan yang dapat digunakan adalah novel. Maka kaitannya dengan ini, untuk memahami sebuah karya sastra (novel), paling tidak diperlukan tiga hal, yaitu interpretasi atau penafsiran, analisis atau penguraian dan evaluasi atau penilaian
Maka Berdasarkan pernyataan di atas, penulis akan melakukan kajian yang dituangkan dalam bentuk proposal penelitian dengan judul “Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam ( Study Naskah Nalar Pendidikan Islam  Karya  Saifullah ) ”



B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana Konsep Nilai Pendidikan ?
2.      Bagaimana Wacana Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan Islam ?
3.      Bagaimana Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif ?

C.    Penjalasan Istilah
 
Untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman istilah judul yang di angkat, maka penulis perlu menjelaskan istilah yang menyangkut dengan penulisan skripsi ini:
1.      Analisis
            Analisis adalah sebagian sebuah kajian yang dilaksanakan atau dilakukan kepada sebuah bahasa yang digunakan untuk meneliti struktur bahasa tersebut secara detail dan tepat.
2.      Nilai-nilai Pendidikan Islam
            Sifat atau hal-hal yang berguna bagi kemanusiaan yang dapat membantu dalam proses transformasi dan internalisasi, ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri anak guna mencapai keseimbangan dan kesempurnaan hidup, jadi pendidikan disini merupakan sebagai alat dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada diri anak.
3.      Naskah Nalar Pendidikan Islam
              Naskah nalar Pendidikan Islam adalah seduah buku yang berisikan tentang pendidikan  islam dalam berbagai perspektif yang diterbitkan oleh Cita Pustaka Media Perintis dan merupakan salah satu buku yang disuun untuk mengetahui perkembangan nalar pendidikakn islam dan juga buku ini merupaka  cetakan pertama bulan Maret 2011.[2]
4.   Tgk Saifullah
              Saifullah adalah sebagai penulis buku Nalar pendidikan islam, beliau lahir di lhokmeureubo Nanggroe Aceh Darussalm, tanggal 07 Oktober 1973. Alumni Pesantren Daru Istiqamah Bireuen-Aceh. Saat ini jug atercatat sebagai rektor di Universitas Institut Agama Islam Almuslim Aceh. Dan juga Sebagai Kepala Badan Pembinaan Dayah Kabupaten – Bireuen.
D. Tujuan Penelitian  
        Adapun  tujuan dari penelitian ini ini adalah sebagai berikut :
       a.       Untuk mengetahui Konsep Nilai Pendidikan ?
      b.      Untuk mengetahui Wacana Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan Islam ?
      c.       Untuk mengetahui Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif ?

E.Kegunaan Penelitian

            Secara teoritis penelitian ini bermanfaat bagi penulis sendiri dan para pelaku pendidikan secara umum sehingga menambah khazanah ilmu pengetahuan khususnya mengenai Nilai- nilai Pendidikan Islam dalam berbagai  perspektif.



F.Landasan Teori
             Pendidikan Islam merupakan proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri seseorang peserta didik melalui penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya. Sehingga dalam hai ini perlu adanya penelitian tentang bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan dalam study naskah nalar pendidikan islam.
H. Kajian Terdahulu
                  Sejauh Penelusuran penulis belum ada karya ilmiah yang secara khusus meneliti tentang Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam ( study Naskah Nalar Pendidikan Islam, Karya  Saifullah ).
I. Metodelogi Pembahasan          
      1. Jenis Penelitian
                Jenis penelitian ini adalah (library researh) data yang diperlukan dalam penulisan pustaka (library research) pada penulisan ini bersifat kualitatif tekstual dengan menggunakan pijakan terhadap statement dan proporsi-proporsi ilmiah yang dikemukakan dalam oleh para pakar pendidikan yang erat kaitannya dengan pendidik dengan fokus keutamaanya
2.   Metode Penelitian
                 Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Hal ini mengingat karena penelitian ini bertujuan  mengungkapkan data di tempat penelitian yaitu dengan menguraikan dan menginterpretasikan sesuatu secara objektif terhadap sesuatu yang terjadi pada waktu penelitian dilakukan, dengan maksud agar memperoleh gambaran data tentang realita sosial yang sebenarnya.
3.   Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup pembahasan skripsi ini adalah mengenai fungsi membaca Al-Qur’an untuk psikologi adalah:
Ruang Lingkup Pembahasan
Hasil Yang Diharapkan
Konsep dasar Pendidikan Islam
Untuk mengetahui Konsep dasar Pendidikan Islam
 Wacana Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan Islam
Untuk mendapat gambaran Wacana Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan Islam
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif
Untuk mendeskripsikan Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif

     4. Sumber Data
     Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini dititik beratkan pada sumber-sumber tertulis, antara lain :
Yaitu sumber yang langsung memberikan data kepada peneliti. Sesuai dengan penelitian  pustaka (Library Research), maka sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu: berasal dari data pokok (Primary Sources) dan berasal dari sumber data sekunder (secondary sources)
            a.       Sumber Data Primer
Data primer adalah data yang merupakan sumber pokok dalam penelitian. Data primer dalam penelitian ini adalah buku Nalar Pendidikan Islam.
            b.      Sumber data sekunder
Adapun sumber data sekunder adalah data yang merupakan data pendukung  dalam penelitian. Dalam hal ini bisa buku-buku yang relevan, majalah, artikel, dan lain-lain

      5. Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang diperlukan untuk kepentingan ini adalah book survey dengan cara menelaah dan meneliti buku Nalar Pendidikan Islam.
      6. Teknik Analisis Data

Data atau keterangan tentang konsep yang akan dibahas dan diteliti yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data pada langkah kelima, dikumpulkan kemudian dianalisa dengan mempergunakan teknik sebagai berikut :
a.      Deduksi, yaitu upaya untuk memperoleh kaidah-kaidah yang bersifat khusus melalui penalaran dan penganalisaan.
b.    Induksi, yaitu upaya memperoleh kaidah-kaidah yang bersifat umum melalui            penalaran dan penganalisaan terhadap kaidah-kaidah yang bersifat khusus.
 c.      Komparasi, yaitu upaya membandingkan beberapa keterangan-keterangan atau data yang diperoleh untuk mendapatkan argumentasi yang lebih kuat serta mampu memberikan kejelasan yang layak untuk dijadikan pegangan dalam penelitian ini.[3]
      d.      Menarik kesimpulan, yaitu langkah terakhir dalam penelitian ini adalah menarik kesimpulan tentang Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam ( Naskah Nalar Pendidikan Islam ), sehingga dapat diperoleh hasil penelitian sebagai jawaban dari pada permasalahan yang dijadikan pada penelitian ini.



J.     Garis Besar Isi Skripsi
BAB I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.  Penjelasan Istilah
D.     Tujuan Penelitian
E.  Kegunaan Penelitian
F.  Landasan Teori
G. Kajian Terdahulu
H. Metodelogi Penelitian
I.  Garis Besar isi Skripsi
BAB II  KAJIAN TENTANG KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM
A.          Pengertian Konsep Dasar pendidikan Islam  
B.           Konsep Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan Islam
C.           Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif
BAB III ANALISIS TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NASKAH NALAR PENDIDIKAN ISLAM KARYA SAIFULLAH
D.          Konsep Nilai pendidikan
E.           Wacana Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan Islam
C.     Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif
 BAB IV    KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA

A.    Partanto, Pius dan M. Dahlan Al-Banny. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Lexy J. Moleong, 1993, Metodologi Pendidikan Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung




[1] . Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
[2] . A. Partanto, Pius dan M. Dahlan Al-Banny. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

[3] . Lexy J. Moleong, 1993, Metodologi Pendidikan Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung

0 Response to "PROPOSAL SKRIPSI Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam"

Post a Comment

Labels

Aceh ( 4 ) ARTIKEL ( 23 ) Bollywood ( 1 ) CERPEN ( 16 ) HABA ( 1 ) Hollywood ( 1 ) INDO ( 2 ) Makalah ( 97 ) Skript ( 1 ) SOSOK ( 10 ) Wisata ( 2 )