PROPOSAL
SKRIPSI
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam
( study Naskah Nalar Pendidikan Islam, Karya Saifullah )
Diajukan
Oleh:
MURNIATI
|
NIM: A.2115056/4006
|
Program
Studi:
Pendidikan
Agama Islam (PAI)
INSTITUT AGAMA
ISLAM ALMUSLIM
BIREUEN PROVINSI ACEH
TAHUN 1435 H /
2014 M
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dikotomi
pendidikan sampai hari ini masih menjadi bagian dari Diskursus bagi para
pemerhati, tokoh dan masyarakat pendidikan. Pembagian ruang antara pendidikan
berperspektif umum dengan pendidikan berbasis agama (Islam). Padahal dalam
sebuah proses pendidikan diperlukan adanya integrasi antara pendidikan yang
kemudian dikatakan umum dengan pendidikan yang berbasis agama. Dinamisasi
pendidikan merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu dan kajian diseluruh
komponen pendidikan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam
upaya transfer of knowledge dan transfer of value.
Integrasi
pendidikan memegang peranan yang menentukan eksistensi dan perkembagan
masyarakat tersebut. Karena pendidikan merupakan upaya mentransformasikan dan
melestarikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan jenisnya kepada
generasi penerus. Demikian pula dengan peranan pendidikan Islam dikalangan umat
Islam merupakan salah satu bentuk manifestasi dari cita-cita hidup Islam untuk
melestarikan, mengalihkan dan menanamkan (menginternalisasikan) dan
mentransformasikan nilai-nilai Islam tersebut kepada pribadi generasi
penerusnya sehingga nilai-nilai kultural religius yang dicita-citakan dapat
tetap berfungsi dan berkembang dalam masyarakat dari waktu ke waktu.
Apabila
dilihat dari segi kehidupan kultural umat manusia, pendidikan Islam
merupakan salah satu alat pembudayaan (enkulturasi) masyarakat manusia itu
sendiri sebagai suatu alat pendidikan yang dapat difungsikan untuk mengarahkan
pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia (sebagai mahluk pribadi dan sosial)
kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh kesejahteraan hidup didunia
dan kebahagiaan hidupnya diakhirat. Maka dalam hal ini, kedayagunaan pendidikan
sebagai alat pembudayaan sangat bergantung pada pemegang alat tersebut yaitu
para pendidik. Dengan demikian maka para pendidik memegang posisi kunci yang
banyak menentukan keberhasilan proses pendidikan sehingga mereka dituntut
persyaratan tertentu baik teoritis maupun praktis dalam pelaksaan tugasnya.
Proses
transformasi dan internalisasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan Islam sebagai
suatu sistem nilai, menjadi pegangan hidup bagi setiap peserta didik.[1]
Selanjutnya menjadi rujukan dan menjadi bagian kepribadian dalam menjalani
kehidupan sehari-hari.
Tujuan
ini tentunya tidak hanya dalam aspek kognitif saja bahkan yang lebih penting
lagi adalah aspek afektif dan psikomotornya. Seluruh aspek yang terdapat dalam
diri peserta didik harus dipenuhi oleh nilai-nilai Islam untuk mencapai tujuan
utama penyelenggaraan pendidikan Islam, menjadi manusia yang sempurna.
Untuk
mewujudkan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam, maka seyogyanya segala
daya upaya dilakukan, melalui penggunaan sumber belajar yang memadai dan sesuai
dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Sumber belajar yang dapat digunakan adalah
sumber bacaan, meliputi buku, majalah, novel, koran, manuskrip dan sebagainya.
Salah satu sumber bacaan yang dapat digunakan adalah novel. Maka kaitannya
dengan ini, untuk memahami sebuah karya sastra (novel), paling tidak diperlukan
tiga hal, yaitu interpretasi atau penafsiran, analisis atau penguraian dan
evaluasi atau penilaian
Maka Berdasarkan
pernyataan di atas, penulis akan melakukan kajian yang dituangkan dalam bentuk
proposal penelitian dengan judul “Analisis Nilai-nilai
Pendidikan Islam ( Study Naskah Nalar Pendidikan Islam Karya Saifullah
) ”
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
di atas, penulis dapat merumuskan masalah
sebagai berikut :
1.
Bagaimana Konsep Nilai Pendidikan ?
2.
Bagaimana Wacana Alquran dan Hadits
Tentang Pendidikan Islam ?
3.
Bagaimana Analisis Nilai-nilai
Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif ?
C. Penjalasan Istilah
Untuk menghindari terjadinya
kesalahpahaman istilah judul yang di angkat, maka penulis perlu menjelaskan
istilah yang menyangkut dengan penulisan skripsi ini:
1.
Analisis
Analisis
adalah sebagian sebuah kajian yang dilaksanakan atau dilakukan kepada
sebuah bahasa yang digunakan untuk meneliti struktur bahasa tersebut secara detail
dan tepat.
2. Nilai-nilai Pendidikan Islam
Sifat atau hal-hal yang berguna bagi
kemanusiaan yang dapat membantu dalam proses transformasi dan internalisasi,
ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri anak guna mencapai keseimbangan dan
kesempurnaan hidup, jadi pendidikan disini merupakan sebagai alat dalam
menanamkan nilai-nilai Islam pada diri anak.
3.
Naskah
Nalar Pendidikan Islam
Naskah nalar Pendidikan Islam
adalah seduah buku yang berisikan tentang pendidikan islam dalam berbagai perspektif yang
diterbitkan oleh Cita Pustaka Media Perintis dan merupakan salah satu buku yang
disuun untuk mengetahui perkembangan nalar pendidikakn islam dan juga buku ini
merupaka cetakan pertama bulan Maret
2011.[2]
4.
Tgk
Saifullah
Saifullah adalah sebagai penulis
buku Nalar pendidikan islam, beliau lahir di lhokmeureubo Nanggroe Aceh
Darussalm, tanggal 07 Oktober 1973. Alumni Pesantren Daru Istiqamah
Bireuen-Aceh. Saat ini jug atercatat sebagai rektor di Universitas Institut
Agama Islam Almuslim Aceh. Dan juga Sebagai Kepala Badan Pembinaan Dayah
Kabupaten – Bireuen.
D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari
penelitian ini ini adalah sebagai berikut :
a.
Untuk mengetahui Konsep Nilai Pendidikan ?
b.
Untuk mengetahui Wacana Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan Islam ?
c.
Untuk mengetahui Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai
Perspetif ?
E.Kegunaan Penelitian
Secara
teoritis penelitian ini bermanfaat bagi penulis sendiri dan para pelaku
pendidikan secara umum sehingga menambah khazanah ilmu pengetahuan khususnya
mengenai Nilai- nilai
Pendidikan Islam dalam berbagai
perspektif.
F.Landasan Teori
Pendidikan Islam merupakan
proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada
diri seseorang peserta didik melalui
penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya
guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya. Sehingga dalam hai ini perlu
adanya penelitian tentang bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan dalam study
naskah nalar pendidikan islam.
H. Kajian Terdahulu
Sejauh Penelusuran penulis
belum ada karya ilmiah yang secara khusus meneliti tentang Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam ( study Naskah Nalar Pendidikan Islam,
Karya Saifullah ).
I. Metodelogi
Pembahasan
1.
Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah (library researh) data
yang diperlukan dalam penulisan pustaka (library research) pada
penulisan ini bersifat kualitatif tekstual dengan menggunakan pijakan terhadap
statement dan proporsi-proporsi ilmiah yang dikemukakan dalam oleh para pakar
pendidikan yang erat kaitannya dengan pendidik dengan fokus keutamaanya
2.
Metode Penelitian
Dalam melaksanakan penelitian ini penulis
menggunakan metode deskriptif. Hal ini mengingat karena penelitian ini
bertujuan mengungkapkan data di tempat penelitian yaitu dengan
menguraikan dan menginterpretasikan sesuatu secara objektif terhadap sesuatu
yang terjadi pada waktu penelitian dilakukan, dengan maksud agar memperoleh
gambaran data tentang realita sosial yang sebenarnya.
3. Ruang
Lingkup Penelitian
Ruang lingkup
pembahasan skripsi ini adalah mengenai fungsi membaca Al-Qur’an untuk psikologi adalah:
Ruang Lingkup Pembahasan
|
Hasil Yang Diharapkan
|
Konsep
dasar Pendidikan Islam
|
Untuk mengetahui Konsep dasar Pendidikan
Islam
|
Wacana Alquran dan Hadits Tentang Pendidikan
Islam
|
Untuk
mendapat gambaran Wacana Alquran dan Hadits Tentang
Pendidikan Islam
|
Analisis
Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif
|
Untuk
mendeskripsikan Analisis
Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif
|
4. Sumber Data
Sumber data yang diperlukan dalam
penelitian ini dititik beratkan pada sumber-sumber tertulis, antara lain :
Yaitu sumber yang langsung memberikan data kepada
peneliti. Sesuai dengan penelitian
pustaka (Library Research), maka sumber data dalam penelitian ini
ada dua yaitu: berasal dari data pokok (Primary Sources) dan berasal
dari sumber data sekunder (secondary sources)
a.
Sumber Data Primer
Data primer adalah data yang merupakan sumber pokok
dalam penelitian. Data primer dalam penelitian ini adalah buku Nalar
Pendidikan Islam.
b. Sumber data
sekunder
Adapun sumber data sekunder adalah data yang merupakan
data pendukung dalam penelitian. Dalam
hal ini bisa buku-buku yang relevan, majalah, artikel, dan lain-lain
5. Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang diperlukan untuk kepentingan ini adalah book survey
dengan cara menelaah dan meneliti buku Nalar Pendidikan Islam.
6. Teknik Analisis Data
Data atau
keterangan tentang konsep yang akan dibahas dan diteliti yang diperoleh melalui
teknik pengumpulan data pada langkah kelima, dikumpulkan kemudian dianalisa
dengan mempergunakan teknik sebagai berikut :
a.
Deduksi, yaitu upaya untuk memperoleh kaidah-kaidah yang bersifat khusus
melalui penalaran dan penganalisaan.
b.
Induksi, yaitu upaya memperoleh kaidah-kaidah yang bersifat umum melalui penalaran dan penganalisaan
terhadap kaidah-kaidah yang bersifat khusus.
c.
Komparasi, yaitu upaya membandingkan beberapa keterangan-keterangan atau
data yang diperoleh untuk mendapatkan argumentasi yang lebih kuat serta mampu
memberikan kejelasan yang layak untuk dijadikan pegangan dalam penelitian ini.[3]
d.
Menarik kesimpulan, yaitu langkah terakhir dalam penelitian ini adalah
menarik kesimpulan tentang Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam ( Naskah Nalar
Pendidikan Islam ), sehingga dapat diperoleh hasil penelitian sebagai jawaban
dari pada permasalahan yang dijadikan pada penelitian ini.
J.
Garis Besar Isi Skripsi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Rumusan
Masalah
C. Penjelasan
Istilah
D. Tujuan Penelitian
E. Kegunaan Penelitian
F. Landasan
Teori
G. Kajian Terdahulu
H. Metodelogi Penelitian
I. Garis Besar
isi Skripsi
BAB II KAJIAN TENTANG KONSEP
DASAR PENDIDIKAN ISLAM
A.
Pengertian Konsep Dasar pendidikan
Islam
B.
Konsep Alquran dan Hadits Tentang
Pendidikan Islam
C.
Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam
berbagai Perspetif
BAB III ANALISIS
TENTANG
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NASKAH NALAR PENDIDIKAN ISLAM KARYA
SAIFULLAH
D.
Konsep Nilai pendidikan
E.
Wacana Alquran dan Hadits Tentang
Pendidikan Islam
C.
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berbagai Perspetif
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
A. Partanto,
Pius dan M. Dahlan Al-Banny. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Daradjat,
Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Lexy J.
Moleong, 1993, Metodologi Pendidikan Kualitatif, Remaja Rosdakarya,
Bandung
0 Response to "PROPOSAL SKRIPSI Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam"
Post a Comment