RESUME BUKU Metodologi Studi Islam

Judul Buku      : Metodologi Studi Islam
Pengarang        : Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A.
Penerbit           : Rajawali Press Citra Niaga Buku Perguruan Tinggi. Tahun Cetak I    : 1998
Cetakan           : ke-18 Februari 2011. Kota: Jakarta . ISBN: 979-421-706-9

KEBUTUHAN MANUSIA TERHADAP AGAMA
Pengertian agama
Mengartikan agama dari sudut kebahasaan akan terasa lebih mudah daripada mengartikan agama dari sudut istilah karena pengertian agama dari sudut istilah ini sudah mengandung muatan subjektivitas dari oang yang mengartikannya. Adapun pengertian agama dari segi istilah dapat dikemukakan sebagai berikut. Elizabet  nottingham dalam bukunya agama dan masyarakat berpendapat bahwa agama adalah gejala yang begitu sering terdapat dimana mana sehingga sedikit membantu usaha usaha kita untuk membuat abstraksi ilmiah.

LATAR BELAKANG PERLUNYA MANUSIA TERHADAP AGAMA
a.       Latar belakang fitrah manusia
b.      Kelemahan dan kekurangan manusia
c.       Tantangan manusia

BERBAGAI PENDEKATAN DIDALAM MEMAHAMI AGAMA
a.       Pendekatan teologis normatif                 b.      Pendekatan antropologi
c.       Pendekatan sosiologis                            d.      Pendekatan filosofis
e.       Pendekatan historis                                f.       Pendekatan kebudayaan
g.      Pendekatan psikologi

PANDANGAN AJARAN ISLAM TENTANG ILMU SOSIAL
            Sejak kelahirannya belasan abad lalu, islam telah tampil sebagai agama yang memberi perhatian pada keseimbangan hidup antara dunia dan akhirat, antara hubungan manusia dengan Tuhan, antara hubungan manusia dengan manusia, dan antara urusan ibadah dengan urusan muamalah. Ilmu pengetahuan sosial yang dimaksudkan adalah ilmu pengetahuan yang digali dari nilai nilai agama. Kuntowijoyo menyebutnya sebagai ilmu sosial profetik.

PENGERTIAN DAN SUMBER AJARAN ISLAM
            Adapun pengertian islam dari segi istilah akan kita dapati rumusan yang berbeda beda. Dan dari berbagai pendapat yang bermacam macam itu dapat diambil kesimpulan bahwasanya pengertian islam secara istilah mengacu kepada agama yang bersumber pada wahyu yang datang dari Allah SWT. Bukan berasal dari manusia, dan bukan pula berasal dari nabi Muhammad SAW. Posisi nabi dalam agama islam diakui sebagai yang ditugasi oleh allah untuk menyebarkan ajaran islam tersebut kepada umat manusia.

SUMBER AJARAN ISLAM
a.       Al Qur’an
b.      As Sunnah

KARAKTERISTIK AGAMA ISLAM
a.       Dalam bidang agama                  b.      Dalam bidang ibadah
c.       Dalam bidang akidah                 d.      Bidang ilmu dan kebudayaan
e.       Bidang pendidikan                     f.       Bidang kehidupan ekonomi
g.      Bidang kesehatan                                    h.      Bidang politik
i.        Bidang pekerjaan                                   j.        Islam sebagai disiplin ilmu
Dan dari semua itu agama islam memiliki karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki oleh agama agama selain agama islam.


MISI AJARAN ISLAM
a.       Untuk menunjukkan bahwa islam sebagai pembawa rahmat dapat dilihat dari pengertian islam itu sendiri. Kata islam makna aslinya masuk dalam perdamaian, dan orang muslim ialah orang yang damai dengan allah dan damai dengan manusia.
b.      Misi ajaran islam sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam dapat juga dilihat dari peran peran yang dimainkan islam dalam menangani berbagai problematika agama, sosial, ekonomi,  politik, hukum, pendidikan, kebudayaan, dan sebagainya.
c.       Misi islam dapat juga dilihat dari misi ajaran yang dibawa dan dipraktikan oleh Nabi Muhammad SAW.
d.      Misi islam selanjutnya dapat pula dilihat pada kedudukannya sebagai sumber nilai dan pandangan hidup manusia.
e.       Misi ajaran islam sebagai pembawa rahmat dapat pula dilihat dari peran yang dimainkannya dalam sejarah.
f.       Juga dapat dilihat dari praktik hubungan islam dengan penganut agama lain.

STUDI ISLAM
Sains islam mencakup berbagai pengetahuan modern seperti kedokteran, astronomi, matematika, fisika, dan sebagainya yang dibangun atas arahan nilai nilai islami. Sementara studi islam adalah pengetahuan yang dirumuskan dari ajaran islam yang dipraktikkan dalam sejarah dan kehidupan manusia, sedang pengetahuan agama adalah pengetahuan yang sepenuhnya diambil dari ajaran ajaran allah dan Rasulnya secara murni tanpa dipengaruhi sejarah, seperti ajaran tentang akidah, ibadah, membaca al Qur’an dan akhlak.

METODE MEMAHAMI ISLAM

untuk memahami islam secara benar nasruddin Razak mengajukan 4 cara:
a.       Islam harus dipelajari dari sumber yang asli, yaitu Al Qur’an dan As Sunnah Rasulullah.
b.      Islam harus dipelajari secara menyeluruh sebagai satu kesatuan yang bulat tidak secara sebagian saja.
c.       Islam perlu dipelajari dari kepustakaan yang ditulis oleh para ulama besar, kaum zuama dan sarjana-sarjana islam, karena pada umumnya mereka memiliki pemahaman islam yang baik.
d.      Islam hendaknya dipelajari dari ketentuan normatif teologis yang ada dalam al qur’an, baru kemudian dihubungkan dengan kenyataan historis, empiris, dan sosiologis yang ada di masyarakat.

ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN
a.       Sikap yang didasarkan pada asumsi bahwa ilmu pengetahuan yang berasal dari barat sebagai ilmu pengetahuan yang sekular dan harus ditolak.
b.      Sikap yang didasarkan pada asumsi bahwa ilmu pengetahuan yang berasal dari barat sebagai ilmu yang bersifat netral. Karenanya ilmu tersebut harus diterima apa adanya tanpa disertai rasa curiga dan sebagainya.
c.       Sikap yang didasarkan pada asumsi bahwa ilmu pengetahuan yang berasal dari barat sebagai ilmu yang bersikap sekular dan materialisme. Namun dapat diterima oleh umat islam dengan terlebih dahulu dilakukan proses islamisasi.
Islamisasi ilmu pengetahuan pada hakikatnya adalah suatu upaya untuk mentransformasikan nilai nilai keislaman ke dalam berbagai bidang kehidupan manusia, khususnya ilmu pengetahuan. Dengan Islamisasi ilmu pengetahuan dapat diketahui dengan jelas, bahwa islam bukan hanya mengatur segi segi ritualitas dalam arti shalat, puasa, zakat, dan haji melainkan sebuah ajaran yang mengintegdrasikan segi segi kehidupan duniawi termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Ditengah tengah masyarakat yang masih dilanda krisis dalam berbagai bidang kehidupan seperti sekarang ini, islamisasi ilmu pengetahuan semakin  dipandang relevan daya antisipatifnya.

Ditengah tengah perdebatan disekitar setuju atau tidak setuju dengan islamisasi ilmu pengetahuan tersebut, tampaknya islamisasi ilmu pengetahuan tersebut pada akhirnya merupakan suatu keharusan. Lahirnya industri perbankan yang berbasiskan syariat seperti yang dipraktikkan pada bank muamalat Indonesia (BMI), bank Syariah Mandiri, dan sebagainya menunjukkan pentingnya nilai nilai islam terintergrasi dalam sistem perekonomian yang dikembangkan masyarakat. 

0 Response to "RESUME BUKU Metodologi Studi Islam"

Post a Comment

Labels

Aceh ( 4 ) ARTIKEL ( 23 ) Bollywood ( 1 ) CERPEN ( 16 ) HABA ( 1 ) Hollywood ( 1 ) INDO ( 2 ) Makalah ( 97 ) Skript ( 1 ) SOSOK ( 10 ) Wisata ( 2 )