RESUME BUKU STUDI ISLAM KONTEMPORER Karya : M. Rikza Chamami, MSI

RESUME BUKU STUDI ISLAM KONTEMPORER
Karya : M. Rikza Chamami, MSI

PASANG SURUT KEBANGKITAN KEBUDAYAAN DAN KEILMUAN: POTRET DISINTEGRASI ABBASIYAH
A.     Disintegrasi Daulah Abbasiyah
1.Periode pertama (132-232/750-847), disebut periodee pengaruh Persia pertama
2.Periode kedua (232-334/847-945), disebut masa pengaruh Persia pertama
3.Periode ketiga (334-447/945-1055), masa kekuasaan Dinasti Buwaih dalam pemerintahan khilafah      Abbasiyah. periode ini disebut juga masa pengaruh Persia kedua
4.Periode keempat (447-590/1055-1194), masa kekuasaan Dinasti Bani Saljuk dalam perintahan khilafah Abbasiyah, biasanya disebut masa pengaruh Persia kedua
5.Periode kelima (590-565/1194-1258), masa khalifah bebas dari pengaruh dinasti lain, tetapi kekuasaannya hanya efektif di sekitar kota Baghdad
B.  Kebangkitan Budaya dan Keilmuan
Kebangkitan ilmiyah di zaman bani Abbasiyah terbagi di dalam tiga lapangan:
1.        Kegiatan menyusun buku-buku ilmiah
2.        Mengatur ilmu-ilmu Islam

KAJIAN KRITIS DIALEKTIKA FENOMENOLOGI DAN ISLAM
A.Pengertian Fenomenologi: dari Filsafat – Metode
Secara etimologis fenomenologi berasal dari kata fenomen yang artinya gejala, yaitu suatu hal yang tidak nyata dan semu. Juga dapat diartikan sebagai ungkapan kejadian yang dapat diamati lewat indera.
Menurut Amin Abdullah, karakteristik fenomenologi agama adalah:
1.  Pusat perhatian fenomenologi terbatas pada pencarian esensi, makna dan struktur fundamental.
2.   Pendekatan fenomenologi tidak terbebani oleh beban misi keagamaan tertentu yang menuntut dan seringkali   bahkan mencari dan menambah pengikat.
3.   Pendekatan fenomenologi dimensi universaliotas dari esensi, makna dan struktur fundamental.
4.   Pendekatan fenomenologi lebih menekankan segi-segi persamaan dalam pengalaman manusia.  
Islam dari Aspek Fenomenologi
Menurut Sutarmanto pendekatan kualitatif terdapat pada filsafat post-posditivisme dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1.        Mencoba memperoleh gambaran yang jelas.
2.        Bersifat holistic.
3.        Memahami makna.
4.        Memandang hasil penelitian sebagai spekulatif.

FILSAFAT MATERIALISME KARL MARK DAN FRIEDRICK ENGELS
A.Mengenal Karl Mark (1818-1883) dan Friedrick Engels (1820-1895)
Karl Heinrich Marx lahir 5 mei 1818 di Trier, kota di Perbatasan Barat Jerman, yang saat itu masuk wilayah Prussia. Marx dilahirkan pada keluarga Yahudi modern, progresif di Trier. Ayahnya Herschel berasal dari keturunan rabi, yang seorang pengacara. Sejak kecil perhatian Marx sudah terpusat pada sastra dan humaniora. Selepas sekolah menengah, Marx tak membantah dimasukkan ke Fakultas Hukum Bonn. Ia hanya kuliah selama setengah semester dan pindah ke Universitas Berlin, fokus pada filsafat. Ia meninggal di London, 14 Maret 1883.
Sedangkan Friedrich Engels lahir di Barmen Jerman 1820 dan meninggal di London 1895. Ia dikenal sebagai sahabat karib Karl Marx. Ia menulis buku “Situasi Kelas Buruh di Inggris”. Friedrich Engels adalah anak seorang pemilik pabrik tenun di Barmen Jerman. Bersama Karl Marx ia menulis Manifesto Partai Komunis. Setelah Karl Marx meninggal, dialah yang menerbitkan lanjutan buku Das Kapital.
Filsafat Materialisme
1.      Materialisme Dialektis
2.       Materialisme Historis
B. Kritik Agama Marx dan Engels
Marx menyatakan bahwa di Jerman, kritik terhadap agama secara garis besar sudah lengkap, dan kritik terhadap agama merupakan titik tolak untuk seluruh kritik. Landasan untuk kritik sekuler adalah: manusialah yang menciptakan agama, bukan agama yang menciptakan manusia. Menghapuskan agama sebagai kebahagiaan ilusioner untuk rakyat, berarti menuntut rakyat dibahagiakan dalam kenyataan.

SKEPTISISME OTENTITAS HADITS: KRITIK ORIENTALIS IGNAZ GOLDZIHER
A. Potret Ignaz Goldziher Sebagai Orientalis
Ignaz Goldziher adalah seorang orientalis hongaria yang dilahirkan di Szekesfehervar, Hongaria. Dia termasuk keturunan keluarga Yahudi. Goldziher telah menunjukkan mutu intelektualnya yang tinggi ketika dia masih muda. Ketika usianya dua belas tahun, ia menulis suatu risalah mengenai asal-usul dan waktu yang tepat bagi sembahyang orang-orang Yahudi yang disebut Piyyuts.

B.Kritik Goldziher atas Otensitas Hadits
Menurut Goldziher dan Schact dalam buku mereka ‘Muhammadenische studiens’ dan ‘The Origin of Muhammaden Yurisprudence’ bahwa hadits bukan berasal dari Nabi Muhammad SAW, melainkan sesuatu yang lahir pada abad pertama dan kedua Hijrah, dengan kata lain hadits hanyalah buatan para ulama. Goldziher lebih spesifik dalam membuat kritik dibandingkan dengan Alois Spranger.
Goldziher tidak percaya bahwa hadits adalah murni sabda dari Nabi Muhammad walaupun dia meyakini bahwa hadits masih menjadi sumber hukum Islam. Bagi Goldziher, hadits sebagian besar adalah hasil dari perkembangan politik dan kemasyarakatan abad I dan II hijriyyah.

TELAAH SOSIO-KULTURAL: MANHAJ AHLUL MADINAH
A.     Manhaj Ahlul Madinah: Ahlul Hadits
Manhaj ahlul madinah lahir dalam kondisi yang memberikan iklim kesejukan di dalam memahami hokum Allah. Membicarakan fuqaha’ ahlul madinah, sama halnya berbicara tentang ahlul hadits. Munculnya kelompok ini adalah bagian dari produksi hokum Islam yang sudah mapan pada masa Nabi dan Khulafaurrosyidin.
Yang dimaksudkan dengan ahlul hadits oleh Cyril Glasse adalah kelompok tradisi yaitu sebutan yang diberikan kepada sekelompok orang yang bersikap koservatif dan tradisionalis. Ahlul hadits adalah aliran tradisional yang dalam ijtihad fiqhnya selalu merujuk nash-nash al-Qur’an dan al-Sunnah.
Berbeda dengan ahlul-ra’yi, kelompok ahlul-hadits lebih mendahulukan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang bersifat ahad daripada pendapat akal. Dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi, sedapat mungkin mereka berusaha mencarikan nash dari al-Qur’an atau hadits. Sikap mereka yang berpegang kuatpada hadits-hadits Nabi Muhammad SAW inilah yang membuat mereka disebut ahlul Hadits.

POSTMODERNISASI REALITAS FILSAFAT KONTEMPORER
A.Pengertian Posmodernisme
Istilah “Posmodernisme” bisa menunjuk pada berbagai arti yang berbeda, bisa berarti aliran pemikiran filsafati, pembabakan sejarah, ataupun sikap dasar/etos tertentu.
Kegagalan modernisasi telah melahirkan gerakan postmodernisme yang mendekonstruksi pemikiran modernism. Gerakan postmodernisme telah merambah ke berbagai bidang kehidupan, termasuk seni, ilmu, filsafat, dan pendidikan.
B. Posmo Trend Filsafat Sekarang
Postmodernisme yang memang tampil mencolok dalam arsitektur, sastra, seni lukis, dan filsafat kontemporer. Jean Baudrillard, seorang tokoh postmodern Perancis pernah menyatakan bahwa media massa, terutama televise, mampu menampilkan simulasi dan model yang demikian meledak memenuhi ruang kehidupan sosial, sehingga mengaburkan batas antara citra dan fakta.
Postmodernisme identik dengan dua hal. Pertama, postmodernisme dinilai sebagai keadaan sejarah setelah zaman modern. Kedua, postmodernisme dipandang sebagai gerakan intelektual yang mencoba menggugat bahkan mendeskonstruksi pemikiran sebelumnya yang berkembang dalam bingkai paradigm pemikiran modern.

POTRET METODE DAN CORAK TAFSIR AL-AZHAR
A.Riwayat penulisan tafsir al-Azhar
Tafsir al-Azhar berasal dari kuliah subuh yang diberikan oleh Hamka di Masjid agung al-Azhar yang ketika itu belum bernama al-Azhar. Ceramah-ceramah Hamka sehabis sholat subuh dimuat dalam majalah Gema Islam yang berjalan sampai Januari 1964. Tepat tanggal 27 Januari 1964 ia ditangkap oleh penguasa orde lama lalu dijebloskan ke dalam tahanan. Pada saat di rumah tahanan inilah Hamka mempunyai kesempatan untuk menulis Tafsir al-Azhar.
Pada tanggal 21 Januari 1966, Hamka dibebaskan setelah mendekam dalam rumah tahanan selama kurang lebih dua tahun. Kesempatan ini digunakannya untuk memperbaiki serta menyempurnakan tafsir al-azhar yang sudah ditulisnya dalam rumah tahanan. Penerbitan pertama tafsir al-azhar dilakukan oleh penerbit pembimbing masa, pimpinan Haji Mahmud.
B. Metode dan corak Tafsir Al-Azhar
1.        Metode analitis (tahlili)

2.        Corak kombinasi al-Adabi al-Ijtima’I-Sufi

0 Response to "RESUME BUKU STUDI ISLAM KONTEMPORER Karya : M. Rikza Chamami, MSI"

Post a Comment

Labels

Aceh ( 4 ) ARTIKEL ( 23 ) Bollywood ( 1 ) CERPEN ( 16 ) HABA ( 1 ) Hollywood ( 1 ) INDO ( 2 ) Makalah ( 97 ) Skript ( 1 ) SOSOK ( 10 ) Wisata ( 2 )