FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PSIKOLOGI DI SMA N 1 GANDAPURA
Diajukan
Oleh:
Nurhayati
|
NIM: A.201201/4130
|
Program
Studi:
Pendidikan
Agama Islam (PAI)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM ALMUSLIM
BIREUEN
PROVINSI ACEH
TAHUN
1434 H / 2013 M
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan segala
rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis telah dapat menyelesaikan proposal
skripsi ini, selawat dan salam kepada Rasulullah saw.
Dalam rangka memenuhi sebagian syarat-syarat guna memperoleh
sarjana pada STAI Almuslim Peusangan, maka di sini penulis telah membuat sebuah
proposal skripsi yang berjudul: “FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PSIKOLOGI DI SMA N 1 GANDAPURA”
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada
pengasuh mata kuliah metodologi penelitian yang tiada bosan-bosannya membimbing
penulis sehingga penulis dapat memahami serta mengenal tentang mekanisme
penulisan proposal skripsi.
Dan tak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada teman-teman
seperjuangan di bangku perkuliahan berserta seluruh rekan-rekan lainnya yang
telah senantiasa memberikan kontribusi baik pikiran maupun material.
Bireuen, 14 Juni 2014
Penulis,
Nurhayati
Nim. A.201201/4130
DAFTAR ISI
FUNGSI
MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PSIKOLOGI
DI SMA N 1 GANDAPURA
Halaman
Kata
Pengantar...............................................................................................
Daftar
Isi........................................................................................................
A.
Latar Belakang
Masalah...........................................................................
B.
Rumusan Masalah....................................................................................
C.
Penjelasan
istilah......................................................................................
D.
Tujuan
Penelitian......................................................................................
E.
Kegunaan
Penelitian.................................................................................
F.
Landasan Teori.........................................................................................
G.
Kajian
Terdahulu......................................................................................
H.
Metodologi Penelitian..............................................................................
1.
Lokasi
Penelitian...............................................................................
2.
Jenis
Penelitian..................................................................................
3.
Metode
Penelitian.............................................................................
4.
Ruang Lingkup
Penelitian.................................................................
5.
Objek
Penelitian................................................................................
6.
Sumber Data.....................................................................................
7.
Teknik
Pengumpulan Data................................................................
8.
Teknik Analisa
Data..........................................................................
I.
Garis Besar Isi
Skripsi..............................................................................
Daftar Pustaka
A.
Latar Belakang Masalah
Membaca
merupakan upaya untuk membantu perkembangan otak. Dengan membaca, otak menyimpan
banyak informasi yang akan terus disimpan sampai mereka membutuhkan informasi
itu. Membaca juga dapat membantu kita untuk terus mencari sesuatu yang baru dan
menarik karena setiap yang kita baca akan memberikan informasi-informasi
penting yang akan berguna dalam kehidupan. Membaca tidak saja dengan buku,
dengan melihat kejadian alam sekitar pun kita telah membaca. Mata adalah kunci
untuk kita bisa melihat dan membaca apa saja yang terjadi di sekitarnya. Tapi, bagaimana dengan membaca Al-Qur’an? Apa manfaat yang kita dapatkan
dengan membaca Al-Qur’an?
Perintah membaca baik terhadap
ayat-ayat Allah yang tersurat maupun yang tersirat sudah dicanangkan 14 abad
yang lalu, saat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama yang sekaligus
melegitimasi Kenabian dan Kerasulannya. Untuk merealisasikan perintah tersebut,
dibutuhkan instrumen yang melibatkan berbagai institusi sosial.[1]
Karena membaca dan menulis ayat-ayat Allah yang tersurat dan tersirat itu merupakan bagian intergral dari pendidikan Islam. Sebagaimana firman Allah SWT.
dalam surat Al-Alaq ayat 1-5 :
ù&tø%$# ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t,n=y{ ÇÊÈ t,n=y{ z`»|¡SM}$# ô`ÏB @,n=tã ÇËÈ ù&tø%$# y7/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈ Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷èt ÇÎÈ
Artinya : Bacalah dengan
(menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dan telah menciptakan manusia dari
segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah yang paling pemurah, mengajarkan manusia
dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.[2]
Berdasarkan pernyataan di atas,
penulis akan melakukan kajian yang dituangkan dalam bentuk proposal penelitian
dengan judul: “ FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK
PSIKOLOGI DI SMA N 1 GANDAPURA”
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, penulis dapat merumuskan masalah
sebagai berikut :
1. Bagaimana fungsi membaca Al-Qur'an dalam
kehidupan sehari-hari?
2. Bagaimana cara membangun psikologi berdasarkan
Al-Qur’an?
3. Bagaimana fungsi membaca Al-Qur'an untuk psikologi ?
C. Penjelasan Istilah
Untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman istilah judul yang di
angkat, maka penulis perlu menjelaskan istilah yang menyangkut dengan penulisan
skripsi ini:
A.
Fungsi
Fungsi adalah suatu penerapan yang diterapkan
sehingga menjadi suatu
hal yang berguna bagi
sesuatu yang telah diterapkan dan memiliki nilai dan hasil yang sesuai dengan
apa yang diharapkan.
A. Membaca
Kata membaca
berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia berasal dari kata baca dan ditambah dengan awalan me- sehingga
menjadi membaca yang berarti menelaah, atau mendalami, untuk mengetahui
cirri-ciri sesuatu.[3] Atau
diartikan juga melihat serta memahami isi dr apa yg
tertulis (dng melisankan atau hanya di
hati. Secara
singkat dapat dikatakan bahwa “reading(membaca)”
adalah “bringing meaning to and getting meaning from printed or written material”,
memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung di dalam bahan tertulis.[4]
C..Al-Qur’an
Ditinjau dari segi kebahasaan,
Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau
"sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Kata Al-Qur’an adalah bentuk
kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca. Konsep
pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur'an sendiri
yakni pada ayat 17 dan 18 Surah Al-Qiyamah yaitu:
¨bÎ) $uZøn=tã ¼çmyè÷Hsd ¼çmtR#uäöè%ur ÇÊÐÈ #sÎ*sù çm»tRù&ts% ôìÎ7¨?$$sù ¼çmtR#uäöè% ÇÊÑÈ
Artinya:“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di
dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan
Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti
{amalkan} bacaannya”.(75:17-75:18)[5]
D. Psikologi
Psikologi berasal dari dua kata bahasa yunani psyche yang
berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu, secara harfiah psikologi dapat
diartikan yaitu ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa. Psikologi
juga dapat diartikan sebagai Ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan proses
mental dan perilaku seseorang.
Jadi psikologi yang dimaksud disini
adalah mengenai tentang proses mental dan perilaku seseorang.
D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini ini adalah sebagai berikut :
a.
Untuk mengetahui fungsi membaca Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Untuk mengetahui cara membangun kesehatan mental
berdasarkan Al-Qur’an.
c.
Untuk mengetahui fungsi membaca Al-Qur'an sebagai pembangun psikologi.
E.Kegunaan Penelitian
Secara teoritis penelitian ini
bermanfaat bagi penulis sendiri dan para pelaku pendidikan secara umum sehingga
menambah khazanah ilmu pengetahuan khususnya mengenai tujuan pendidikan dan fungsi membaca Al-Qur'an sebagai pembangun kesehatan mental.
F.Landasan Teori
Al-Qur'an
bukanlah merupakan sebuah buku dalam pengertian umum, karena ia tidak pernah
diformulasikan, tetapi diwahyukan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad
Saw sesuai situasi yang menuntutnya, seperti yang diyakini sampai sekarang,
pewahyuan Al-Qur'an secara total dan secara sekaligus itu tidak mungkin karena
Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi kaum muslimin secara
berangsur-angsur sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada.
G. Kajian Terdahulu
Sejauh Penelusuran penulis belum ada karya
ilmiah yang secara khusus meneliti tentang fungsi membaca Al-Qur’an untuk psikologis.
H.
Metodologi
Penelitian
1.
Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian yang penulis tujukan adalah SMA Negeri 1
Gandapura. Lokasi tersebut terletak di jalan Medan-Banda Aceh,tepatnya di Kota Gandapura
Kabupaten Bireuen.
2.
Jenis Penelitian
Jenis Penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian
lapangan (field research). Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa
angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan
lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi lainnya.
3.
Metode Penelitian
Metode adalah aspek yang sangat penting dan besar pengaruhnya
terhadap berhasil tidaknya suatu penelitian, terutama untuk mengumpulkan data.
Sebab data yang diperoleh dalam suatu penelitian merupakan gambaran dari obyek
penelitian.
4.
Ruang Lingkup Pembahasan
Ruang lingkup pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
Ruang Lingkup
Pembahasan
|
Hasil Yang Diharapkan
|
Bagaimana Fungsi
Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
|
Dapat
mengetahui Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1
Gandapura
|
Efektifitas
Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
|
Dapat
mengetahui Efektivitas Fungsi Membaca
Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
|
Kendala-kendala
yang dihadapi Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1
Gandapura
|
Dapat
mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai
Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
|
Solusi
pemecahannya
|
Dapat
mengetahui solusi pemecahannya
|
5.
Objek Penelitian
Objek penelitian adalah variabel penelitian yaitu sesuatu yang
merupakan inti dari problematika penelitian. Adapun yang menjadi objek
penelitian dalam skripsi ini adalah:
a.
Kepala SMA N 1 Gandapura
b.
Guru pengajar
c.
Siswa SMA N 1 Gandapura
6.
Sumber Data
a.
Kepala SMA N 1 Gandapura
b.
Guru pengajar SMA N 1 Gandapura
c.
Siswa SMA N 1 Bireuen
7.
Teknik Pengumpulan Data
a.
Observasi
Metode observasi atau pengamatan adalah suatu teknik atau cara
pengumpulan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang
sedang berlangsung.[6]
b.
Wawancara
Wawancara atau interviu (interview) merupakan salah satu
bentuk teknik pengumpulan data yang bayak digunakan dalam penelitian deskriptif
kualitatif dan deskriptif kuantitatif.[7]
c.
Studi Dokumentasi
Studi dokumenter (documentary study) merupakan suatu teknik
pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik
dokumen tertulis, gambar maupun elektronik.[8]
8.
Teknik Analisa Data
Suatu langkah yang penting setelah pengumpulan data adalah analisa
data, sebab dengan analisa data akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang
keadaan obyek dan hasil yang diteliti.
I. Garis Besar Isi
Skripsi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Rumusan Masalah
C. Penjelasan Istilah
D. Tujuan Penelitian
E. Kegunaan Penelitian
F. Landasan Teori
G. Kajian
Terdahulu
H.
Metodelogi Penelitian
I. Garis Besar isi Skripsi
BAB II KAJIAN
TENTANG FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN
SEBAGAI PEMBANGUN KESEHATAN MENTAL
A. Pengertian Membaca Al-Qur’an
B. Fungsi Membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Gandapura
C. Konsep Kesehatan Mental di SMA Negeri 1 Gandapura
BAB III ANALISIS TENTANG FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN
SEBAGAI PEMBANGUN KESEHATAN MENTAL
A. Fungsi Membaca Al-Qur'an dalam Kehidupan
Sehari-hari
B. Cara Membangun Kesehatan Mental
Berdasarkan Al-Qur’an
C. Fungsi Membaca Al-Qur'an sebagai
Pembangun Kesehatan Mental
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
Depag RI,
2000, Al-Qur`an dan Terjemah, Toha Putra, Semarang.
Daradjat, Zakiah. Ilmu
Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Hawari, D, 1996, Al-Quran Ilmu Kedokteran dan
Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Dana Bhakti
Prima Yasa.
Lexy J.
Moleong, 1993, Metodologi Pendidikan
Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sri Wahyuni, Kamus Besar bahasa Indonesia,
Jakarta: PT Gramedia, 1996.
Echols, M. John dan Hasan Shadily, Kamus Inggris
Indonesia, Jakarta: PT Gramedia, 1990.
Assalamualaikum warahmatullaah,,
ReplyDeleteMohon izin save dan reshare proposal penelitian jenengan ini nggeh ukhty,,
Semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi anda sendiri serta bagi seluruh pembaca termasuk saya, sehingga pahala untuk anda terus mengalir tak terhingga,, allaahumma aamiin,,
Terimakasih nggeh ukh,, baarokallaah
Salam hangat dan santun,
Nisa' dari Lumajang, Jawa Timur
Assalamualaikum wr wb.mohon izin save dan shere ya ukhti, semoga ilmu ukhti bermanfaat bagi masyrakat luas ,semoga ilmu ini jadi amal jariyah ukhti Aamiin ya rabbal Aalamiin
ReplyDelete