PROPOSAL SKRIPSI FUNGSI MEMBACA AL-QURAN UNTUK PSIKOLOGI



 FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PSIKOLOGI   DI SMA N 1 GANDAPURA


Diajukan Oleh:


Nurhayati
NIM: A.201201/4130


Program Studi:
Pendidikan Agama Islam (PAI)




Description: SATI 2.jpg




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ALMUSLIM
BIREUEN PROVINSI ACEH
TAHUN 1434 H / 2013 M


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis telah dapat menyelesaikan proposal skripsi ini, selawat dan salam kepada Rasulullah saw.
Dalam rangka memenuhi sebagian syarat-syarat guna memperoleh sarjana pada STAI Almuslim Peusangan, maka di sini penulis telah membuat sebuah proposal skripsi yang berjudul: “FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PSIKOLOGI   DI SMA N 1 GANDAPURA”
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada pengasuh mata kuliah metodologi penelitian yang tiada bosan-bosannya membimbing penulis sehingga penulis dapat memahami serta mengenal tentang mekanisme penulisan proposal skripsi.
Dan tak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada teman-teman seperjuangan di bangku perkuliahan berserta seluruh rekan-rekan lainnya yang telah senantiasa memberikan kontribusi baik pikiran maupun material.

Bireuen, 14 Juni 2014
Penulis,

Nurhayati
Nim. A.201201/4130


DAFTAR ISI
FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PSIKOLOGI   DI SMA N 1 GANDAPURA

Halaman
Kata Pengantar...............................................................................................            
Daftar Isi........................................................................................................            
A.    Latar Belakang Masalah...........................................................................            
B.     Rumusan Masalah....................................................................................            
C.     Penjelasan istilah......................................................................................         
D.    Tujuan Penelitian......................................................................................            
E.     Kegunaan Penelitian.................................................................................            
F.      Landasan Teori.........................................................................................            
G.    Kajian Terdahulu......................................................................................            
H.    Metodologi Penelitian..............................................................................         
1.        Lokasi Penelitian...............................................................................            
2.        Jenis Penelitian..................................................................................            
3.        Metode Penelitian.............................................................................            
4.        Ruang Lingkup Penelitian.................................................................            
5.        Objek Penelitian................................................................................            
6.        Sumber Data.....................................................................................            
7.        Teknik Pengumpulan Data................................................................            
8.        Teknik Analisa Data..........................................................................            
I.       Garis Besar Isi Skripsi..............................................................................            
Daftar Pustaka           








A.    Latar Belakang Masalah
Membaca merupakan upaya untuk membantu perkembangan otak. Dengan membaca, otak menyimpan banyak informasi yang akan terus disimpan sampai mereka membutuhkan informasi itu. Membaca juga dapat membantu kita untuk terus mencari sesuatu yang baru dan menarik karena setiap yang kita baca akan memberikan informasi-informasi penting yang akan berguna dalam kehidupan. Membaca tidak saja dengan buku, dengan melihat kejadian alam sekitar pun kita telah membaca. Mata adalah kunci untuk kita bisa melihat dan membaca apa saja yang terjadi di sekitarnya. Tapi, bagaimana dengan membaca Al-Qur’an? Apa manfaat yang kita dapatkan dengan membaca Al-Qur’an?
Perintah membaca baik terhadap ayat-ayat Allah yang tersurat maupun yang tersirat sudah dicanangkan 14 abad yang lalu, saat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama yang sekaligus melegitimasi Kenabian dan Kerasulannya. Untuk merealisasikan perintah tersebut, dibutuhkan instrumen yang melibatkan berbagai institusi sosial.[1] Karena membaca dan menulis ayat-ayat Allah yang tersurat dan tersirat itu merupakan bagian intergral dari pendidikan Islam. Sebagaimana firman Allah SWT. dalam surat Al-Alaq ayat 1-5 :
ù&tø%$# ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t,n=y{ ÇÊÈ   t,n=y{ z`»|¡SM}$# ô`ÏB @,n=tã ÇËÈ   ù&tø%$# y7š/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈ   Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ   zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ ÇÎÈ  
Artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dan telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah yang paling pemurah, mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.[2]
Berdasarkan pernyataan di atas, penulis akan melakukan kajian yang dituangkan dalam bentuk proposal penelitian dengan judul: “ FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PSIKOLOGI   DI SMA N 1 GANDAPURA”
B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana fungsi membaca Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari?
2.      Bagaimana cara membangun psikologi berdasarkan Al-Qur’an?
3.      Bagaimana fungsi membaca Al-Qur'an untuk psikologi ?
C. Penjelasan Istilah
Untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman istilah judul yang di angkat, maka penulis perlu menjelaskan istilah yang menyangkut dengan penulisan skripsi ini:
A.      Fungsi
Fungsi adalah suatu penerapan yang diterapkan sehingga menjadi suatu
hal yang berguna bagi sesuatu yang telah diterapkan dan memiliki nilai dan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan.
A.  Membaca
Kata membaca berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia berasal dari kata baca  dan ditambah dengan awalan me- sehingga menjadi membaca yang berarti menelaah, atau mendalami, untuk mengetahui cirri-ciri sesuatu.[3]  Atau diartikan juga melihat serta memahami isi dr apa yg tertulis (dng melisankan atau hanya di hati. Secara singkat dapat dikatakan bahwa “reading(membaca)” adalah “bringing meaning to and getting meaning from printed or written material”, memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung di dalam bahan tertulis.[4]
C..Al-Qur’an
Ditinjau dari segi kebahasaan, Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau "sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Kata Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca. Konsep pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur'an sendiri yakni pada ayat 17 dan 18 Surah Al-Qiyamah yaitu:
¨bÎ) $uZøŠn=tã ¼çmyè÷Hsd ¼çmtR#uäöè%ur ÇÊÐÈ   #sŒÎ*sù çm»tRù&ts% ôìÎ7¨?$$sù ¼çmtR#uäöè% ÇÊÑÈ  
Artinya:“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya”.(75:17-75:18)[5]

D. Psikologi
Psikologi berasal dari dua kata bahasa yunani psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu, secara harfiah psikologi dapat diartikan yaitu ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa. Psikologi juga dapat diartikan sebagai Ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan proses mental dan perilaku seseorang.
Jadi psikologi yang dimaksud disini adalah mengenai tentang proses mental dan perilaku seseorang.
D. Tujuan Penelitian  
Adapun  tujuan dari penelitian ini ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui fungsi membaca Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Untuk mengetahui cara membangun kesehatan mental berdasarkan Al-Qur’an.
c.       Untuk mengetahui fungsi membaca Al-Qur'an sebagai pembangun psikologi.
E.Kegunaan Penelitian

 Secara teoritis penelitian ini bermanfaat bagi penulis sendiri dan para pelaku pendidikan secara umum sehingga menambah khazanah ilmu pengetahuan khususnya mengenai tujuan pendidikan dan fungsi membaca Al-Qur'an sebagai pembangun kesehatan mental.
F.Landasan Teori
Al-Qur'an bukanlah merupakan sebuah buku dalam pengertian umum, karena ia tidak pernah diformulasikan, tetapi diwahyukan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad Saw sesuai situasi yang menuntutnya, seperti yang diyakini sampai sekarang, pewahyuan Al-Qur'an secara total dan secara sekaligus itu tidak mungkin karena Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi kaum muslimin secara berangsur-angsur sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada.
G. Kajian Terdahulu
Sejauh Penelusuran penulis belum ada karya ilmiah yang secara khusus meneliti tentang fungsi membaca Al-Qur’an untuk psikologis.
H.    Metodologi Penelitian
1.      Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian yang penulis tujukan adalah SMA Negeri 1 Gandapura. Lokasi tersebut terletak di jalan Medan-Banda Aceh,tepatnya di Kota Gandapura Kabupaten Bireuen.
2.      Jenis Penelitian
Jenis Penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi lainnya.
3.      Metode Penelitian
Metode adalah aspek yang sangat penting dan besar pengaruhnya terhadap berhasil tidaknya suatu penelitian, terutama untuk mengumpulkan data. Sebab data yang diperoleh dalam suatu penelitian merupakan gambaran dari obyek penelitian.
4.      Ruang Lingkup Pembahasan
Ruang lingkup pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
Ruang Lingkup Pembahasan
Hasil Yang Diharapkan
Bagaimana Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
Dapat mengetahui Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
Efektifitas Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
Dapat mengetahui  Efektivitas Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
Kendala-kendala yang dihadapi Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
Dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Fungsi Membaca Al-Quran Sebagai Untuk Psikologis Di SMA N 1 Gandapura
Solusi pemecahannya
Dapat mengetahui solusi pemecahannya
5.      Objek Penelitian
Objek penelitian adalah variabel penelitian yaitu sesuatu yang merupakan inti dari problematika penelitian. Adapun yang menjadi objek penelitian dalam skripsi ini adalah:
a.      Kepala SMA N 1 Gandapura
b.      Guru pengajar
c.      Siswa SMA N 1 Gandapura
6.      Sumber Data
a.      Kepala SMA N 1 Gandapura
b.      Guru pengajar SMA N 1 Gandapura
c.      Siswa SMA N 1 Bireuen
7.      Teknik Pengumpulan Data
a.      Observasi
Metode observasi atau pengamatan adalah suatu teknik atau cara pengumpulan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung.[6]
b.      Wawancara
Wawancara atau interviu (interview) merupakan salah satu bentuk teknik pengumpulan data yang bayak digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.[7]
c.      Studi Dokumentasi
Studi dokumenter (documentary study) merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, gambar maupun elektronik.[8]
8.      Teknik Analisa Data
Suatu langkah yang penting setelah pengumpulan data adalah analisa data, sebab dengan analisa data akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang keadaan obyek dan hasil yang diteliti.




I.    Garis Besar Isi Skripsi

BAB I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.  Penjelasan Istilah
D.     Tujuan Penelitian
E.  Kegunaan Penelitian
F.  Landasan Teori
G. Kajian Terdahulu
H. Metodelogi Penelitian
I.  Garis Besar isi Skripsi
BAB II  KAJIAN TENTANG FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN
SEBAGAI PEMBANGUN KESEHATAN MENTAL
A.    Pengertian Membaca Al-Qur’an
B.     Fungsi Membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Gandapura
C.     Konsep Kesehatan Mental di SMA Negeri 1 Gandapura
BAB III ANALISIS TENTANG FUNGSI MEMBACA AL-QUR’AN
SEBAGAI PEMBANGUN KESEHATAN MENTAL
A.    Fungsi Membaca Al-Qur'an dalam Kehidupan Sehari-hari
B.     Cara Membangun Kesehatan Mental Berdasarkan Al-Qur’an
C.     Fungsi Membaca Al-Qur'an sebagai Pembangun Kesehatan Mental
BAB IV    KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN











DAFTAR PUSTAKA


Depag RI, 2000, Al-Qur`an dan Terjemah, Toha Putra, Semarang.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Hawari, D, 1996, Al-Quran Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.
Lexy J. Moleong, 1993, Metodologi Pendidikan Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sri Wahyuni, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia, 1996.
Echols, M. John dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT Gramedia, 1990.





[1] . Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

[2]. Depag RI, 2000, Al-Qur`an dan Terjemah, Toha Putra, Semarang.
[3] . Sri Wahyuni, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia, 1996.
[4]. Echols, M. John dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT Gramedia, 1990.
[5] . Depag RI, 2000, Al-Qur`an dan Terjemah, Toha Putra, Semarang.

[6] Sukmadinata, Metode, hal. 220.
[7] Ibid., hal. 216.
[8] Ibid, hal. 221.

2 Responses to " PROPOSAL SKRIPSI FUNGSI MEMBACA AL-QURAN UNTUK PSIKOLOGI "

  1. Assalamualaikum warahmatullaah,,
    Mohon izin save dan reshare proposal penelitian jenengan ini nggeh ukhty,,
    Semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi anda sendiri serta bagi seluruh pembaca termasuk saya, sehingga pahala untuk anda terus mengalir tak terhingga,, allaahumma aamiin,,
    Terimakasih nggeh ukh,, baarokallaah
    Salam hangat dan santun,
    Nisa' dari Lumajang, Jawa Timur

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wr wb.mohon izin save dan shere ya ukhti, semoga ilmu ukhti bermanfaat bagi masyrakat luas ,semoga ilmu ini jadi amal jariyah ukhti Aamiin ya rabbal Aalamiin

    ReplyDelete

Labels

Aceh ( 4 ) ARTIKEL ( 23 ) Bollywood ( 1 ) CERPEN ( 16 ) HABA ( 1 ) Hollywood ( 1 ) INDO ( 2 ) Makalah ( 97 ) Skript ( 1 ) SOSOK ( 10 ) Wisata ( 2 )